Rabu, 04 September 2013

Kiskinda Kanda

Kiskinda kanda menceritakan tentang pertamakalinya hanoman bertemu sang rama. Sugriwa mengirim hanoman untuk mendekati rama dan laksmana karena sugriwa takut kalau rama adalah utusan dari vali kakaknya. Hanoman kemudian menghadap pada rama dan menanyakan siapakah gerangan rama dan laksmana karena dari pakaiannya terlihat bagai tapasvin tapi membawa senjata bagai kesatria. Karena rama terlihat tidak berbahaya hanoman membawa rama ke hadapan sugriwa. Setelah mereka semua saling bertatap muka mulailah ditanyakan siapakah gerangan rama. Laksmana kemudian menjawab, bahwa mereka adalah putra dari dasaratha yang sedang melaksanakan perintah ayahnya untuk diasingkan selama 14tahun di hutan, akan tetapi istri rama diculik oleh raksasa bernama rahwana. Dan  mereka diberi petunjuk oleh dhanu bahwa rama dan laksmana akan dibantu oleh sugriwa raja kera yang berjiwa kepahlawanan.
Sugriwa pun menjelaskan keadaannya yang memalukan karena lari dari kejaran vali. Ia menceritakan vali mengusirnya dan merebut istrinya dewi tara. Sugriwapun akhirnya meminta bantuan dari sang rama. Rama menyetujuinya, rama dan sugriwa mengangkat sebuah ikatan persahabatan dengan sugriwa. saatnya sudah tiba sugriwa akan merebut dewi tara dan kerajaannya dan membunuh vali. Di awal terjadi sebuah pertarungan yang sangat hebat dari kedua kera itu. Antara vali dan sugriwa keduannya sama-sama hebat. Ramapun akhirnya berhasil memanah vali yang sedang bertarung dengan sugriwa. valipun jatuh sempat vali menghujat perbuatan rama. Tapi akhirnya dia mengetahui kesalahannya.
Sebelum meninggal vali menyerahkan kerajaanya pada sugriwa dan meminta sugriwa untuk menjaga putranya. Sugriwa menyetujuinya dan kemudian vali meninggal. Sempat ada penyesalan didalam hati sugriwa karena telah membunuh kakaknya sendiri akan tetapi rama menguatkan hatinya. Sugriwa pun dinobatkan menjadi raja. Anggada sebagai putra mahkota. Setelah mengutus sugriwa dan yang lain kekiskindha ramapun berangkat menuju kesuatu pegunungan. Setelah lama menunggu kemudian rama menanyakan pada sugriwa kapan dimulainya pencarian sita.
Sugriwapun mengumpulkan pasukannya, lalu membaginya untuk mencari sita kesemua penjuru. Ternyata dari semua penjuru yang dicari pasukan yang diselatan yang menemukan disana ada angada dan hanoman. Merekapun bertemu dengan burung sampati. Burung ini mengatakan bahwa rahwana terbang kearah selatan menyebrangi lautan.
Lama waktu berlalu bagi kelompok pasukan ini dan akhirnya sampai pada kesimpulan hanomanlah yang akan dikirim menuju lanka. Hanoman membesarkan badannya. Kemudian ia pun melompat. Dan semua anggota pasukan kera tertawa kegirangan.

Pembahasan Cerita

Dalam cerita ini banyak terdapat nilai positif yang tertanam. Salah satunya yaitu makna persahabatan antara rama dan sugriwa yang begitu amat kental. Mereka mencerminkan bahwa didunia ini sahabat sangatlah penting. Dan mereka menunjukan dua individu yang sangat taat pada dharma. Dan selalu tepat pada janji.
Angada pun merupakan pribadi yang baik, sehingga ia pantas sebagai putra mahkota. Vali yang telah menyimpang dari jalan dharma telah mati ditangan dharma dari sugriwa dan juga rama.
Kesabaran adalah kunci utama untuk mendapat hasil yang maksimal dapat dilihat dari sabarnya rama menanti berita baik. Tanpa bertindak tidak akan pernah mendapatkan hasil dapat dilihat dari tindakan hanoman yang memberanikan diri melompati lautan.

4 komentar: